Penyebab Dan Manfaat Daun Sirsak Untuk Batu Empedu

Kesehatan merupakan rizki dari Tuhan yang mahal harganya dan harus kita jaga. Karena dengan tubuh yang sehat, kita dapat melakukan aktivitas apapun yang kita inginkan. Bila kita sakit, kita akan rela mengeluarkan biaya yang mahal agar kita mendapatkan kesehatan itu kembali. Sebenarnya menjaga kesehatan itu penting, karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Pohon sirsak merupakan pohon yang mudah kita jumpai di Indonesia. Namun tahukah anda ternyata daun sirsak memiliki khasiat bermacam-macam. Salah satunya adalah manfaat daun sirsak untuk batu empedu.

manfaat daun sirsak untuk batu empedu

Khasiat Daun Sirsak Untuk Obat Penyakit Batu Empedu

Apakah anda pernah mendengar penyakit batu empedu? Pasti pernah ya. Apakah anda tahu apa sih sebenarnya penyakit batu empedu itu? Empedu merupakan cairan yang terdapat dalam kantong empedu dan berperan dalam pencernaan lemak.

Sedangkan kantong empedu merupakan organ yang terdapat pada perut sebelah kanan tepatnya dibawah hati. Jika cairan ini mengeras jadilah penyakit batu empedu. Ukuran batu empedu pun bervariasi, ada yang sebiji pasir dan adapula yang sebesar bola pimpong.

Namun apakah anda tahu, manfaat daun sirsak untuk batu empedu? Pada kesempatan ini, mari kita kaji bersama lebih mendalam tentang penyakit batu empedu ini.

Cairan yang berada pada kantong empedu, nantinya akan disalurkan ke usus kecil anda. Namun bila terdapat butiran batu empedu yang cukup besar, pasti akan menyebabkan penyumbatan pada saluran ini. Jika saluran ini sudah tersumbat biasanya penderita batu empedu akan mengalami beberapa gejala-gejala.

Misalnya nyeri secara tiba-tiba pada perut bagian tengah tepat dibawah tulang rusuk. Nyeri ini biasanya berlangsung beberapa menit, bahkan beberapa jam. Bila nyeri anda semakin kuat itu dapat mengindikasikan batu empedu anda semakin besar.

Bila seseorang terserang batu empedu, pasti akan ada gejala-gejala yang dialami penderita. Salah satu gejala yang biasanya dialami adalah nyeri pada perut bagian tengah, tepat dibawah tulang rusuk.

Nyeri yang datang secara tiba-tiba dan terasa sakit ini biasanya berlangsung beberapa menit hingga beberapa jam. Jika batu empedu anda semakin besar, maka rasa nyeri akan semakin hebat diiringi dengan demam tinggi.

Batu empedu dapat terjadi disebabkan oleh tiga factor antara lain:

1. Kolesterol

Empedu anda mengandung terlalu banyak kolesterol. Empedu yang sehat memiliki senyawa kimia yang dapat melarutkan kolesterol kemudian akan diekskresikan oleh organ hati.

Bila kolesterol yang masuk kedalam tubuh anda terlalu banyak melebihi kemampuan empedu, membuat empedu tidak dapat melarutkan kolesterol dalam tubuh anda. adanya kolesterol dalam empedu dapat beresiko terjadinya pembentukan batu empedu.

2. Bilirubin

Bilirubin adalah zat kimia yang dihasilkan oleh sel darah merah yang mengalami kerusakan. Ada kondisi tertentu yang mengakibatkan organ hati anda memproduksi bilirubin yang banyak. Diantaranya sirosis hati, infeksi empedu, dan kondisi kelainan darah tertentu. Kelebihan bilirubin ini juga mengakibatkan pembentukan batu empedu.

3. Pengosongan empedu

Empedu harus mengosongkan dirinya sendiri secara penuh dan teratur. Bila empedu tidak dapat melakukan pengosongan secara baik, maka sisa cairan yang ada pada empedu dapat membeku dan terbentuk batu empedu.

Jika anda terkena batu empedu, kemungkinan dokter akan memberikan anda obat-obatan atau operasi pengangkatan batu empedu. Mengkonsumsi obat-obatan kimia secara terus menerus dapat memiliki efek samping, misalnya kerusakan ginjal.

Jika anda memilih operasi pengangkatan operasi, anda pasti akan membayangkan biaya operasi yang tidak murah. Saya menyarankan agar anda mencoba cara alami terlebih dahulu.

Cara alami ini dengan menggunakan daun sirsak. Ternyata daun sirsak dapat menghancurkan batu empedu yang ada dalam tubuh anda. daun sirsak memiliki senyawa kimia yang bernama fitokimia. Fitokimia ini berperan penting untuk menstabilkan tubuh anda. senyawa inilah yang dipercaya dapat menghancurkan batu empedu.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada daun sirsak ini, anda tidak boleh sembarangan mengolahnya. Ini cara pengolahan daun sirsak yang tepat anda sediakan 10 lembar daun sirsak dan 600 ml air atau setara dengan 3 gelas air. Rebus daun sirsak dengan api kecil tunggu hingga mendidih dan air sudah berkurang hingga tersisa sekitar 150 ml saja. Saring dan dinginkan, minumlah air rebusan daun sirsak ini sehari 2 kali. Tapi ingat jangan terlalu sering meminum air rebusan daun sirsak ini ya, karena dapat mengganggu system pencernaan anda.

Nah itu tadi bahasan kita tentang manfaat daun sirsak untuk batu empedu. Kesehatan memang tiada harganya. Lebih baik kita selalu menjaga kesehatan tubuh kita, baik dalam maupun luar.

Karena menjaga itu lebih baik daripada mengobati. Bila kita sudah terserang penyakit, misalnya batu empedu, alangkah baiknya kita mencoba pengobatan yang bersifat alami terlebih dahulu. Pengobatan dengan mengkonsumsi daun sirsak tidak memiliki efek samping bagi tubuh kita, walaupun kita harus dengan sabar dan telaten, berbeda dengan obat kimia yang memang langsung bereaksi tetapi memiliki efek samping yang juga dapat membahayakan. Jadi kenapa tidak memilih yang alami saja, walaupun membutuhkan waktu dan kesabaran.

Leave a Comment

4 + three =